Apa itu Syaraf Terjepit?

Saraf kejepit bisa disebabkan salah posisi ketika tidur atau mengangkat barang. Saraf kejepit kadang masih disepelekan, padahal jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan kerusakan permanen.

Kebanyakan orang mengalami saraf terjepit di daerah pinggang, leher, pundak atau bagian lainnya yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit di sekitar daerah tersebut.

Jika sebuah saraf terjepit atau saraf dikompresi, maka dapat mengganggu aliran rangsangan ke saraf lainnya sehingga mempengaruhi perjalanan jaringan saraf.

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, Senin (5/4/2010) sebuah saraf bisa terjepit jika ada terlalu banyak tekanan yang diterima saraf tersebut. Tekanan ini berasal dari jaringan disekitarnya seperti tulang, tulang rawan, otot atau tendon (urat). Tekanan tersebut mengganggu fungsi dari saraf sehingga menyebabkan sakit, kesemutan, mati rasa atau kelemahan.

Saraf yang terjepit dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Jika saraf terjepit terjadi pada lempengan tulang belakang bagian bawah, maka akan memberikan tekanan pada suatu akar saraf yang dapat menyebabkan rasa sakit di bagian belakang kaki (linu panggul).

Tapi jika saraf yang terjepit terjadi di pergelangan tangan, maka menimbulkan nyeri atau mati rasa di bagian tangan dan jari (carpal tunnel syndrome).

Selain rasa nyeri, sakit dan ketidaknyamanan, masih ada dampak buruk lain jika salah satu saraf terjepit, yaitu:

Terganggunya komplesitas dari jaringan saraf.
Saraf seseorang terdiri dari jaringan saraf yang berjumlah miliaran, dan tubuh seseorang bisa berfungsi dengan baik karena adanya jaringan saraf tersebut.

Tanpa jaringan ini, maka seseorang tidak bisa membedakan suhu panas dan dingin atau rasa senang dan rasa sakit. Setiap aktivitas dapat berjalan dengan baik jika fungsi dari saraf dan jaringannya tidak terganggu.

Jika ada salah satu jaringan yang rusak, maka bisa mempengaruhi seluruh jaringan saraf lain di tubuh. Misalnya jika ada saraf terjepit di tangan seperti carpal tunnel syndrome akan mengakibatkan mati rasa, nyeri dan kelemahan.

Jika kondisi ini diabaikan atau tidak segera diobati, maka jaringan saraf disekitarnya juga akan terganggu dan otot-otot di tangan serta pergelangan kemungkinan menyusut sehingga mengakibatkan kelemahan akut.

Kerusakan jaringan saraf
Saraf terjepit dapat menimbulkan sensasi kesemutan, rasa terbakar atau seperti ditusuk-tusuk pada daerah tersebut. Jika kondisi ini terabaikan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan jaringan saraf.

Kerusakan saraf ini bisa mengakibatkan hilangnya koordinasi fisik dan keseimbangan serta sensitivitas yang ekstrim pada semua jenis kontak fisik.

Penyebab

Penyebab saraf terjepit bisa bermacam-macam, tapi penyebab paling umum adalah cedera, postur tubuh yang buruk, osteoartritis, stres dari pekerjaan yang berulang, kegiatan olahraga dan juga obesitas.

Jika saraf yang terjepit terjadi dalam waktu singkat, biasanya tidak akan menimbulkan kerusakan permanen dan saraf bisa berfungsi secara normal. Tapi jika tekanan terus terjadi, dapat menimbulkan sakit kronis dan kerusakan saraf permanen.

Perawatan yang paling sering direkomendasikan adalah istirahat total atau menghentikan semua kegiatan yang dapat memperburuk tekanan di saraf. Namun hal ini tergantung dari lokasi saraf terjepit, pada lokasi tertentu kadang membutuhkan bantuan penyangga.

Obat-obat antiinflamasi non-steroid jadi pilihan, seperti ibuprofen dan naproxen. Sedangkan gabapentin dan pregabalin lebih spesifik digunakan pada gangguan syaraf, hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

Biasanya seseorang akan sembuh setelah beberapa hari. Tapi jika tidak ada perbaikan setelah beberapa minggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan terapi fisik, obat-obatan untuk mengurangi nyeri atau operasi untuk menghilangkan tekanan di saraf.

Syaraf terjepit bisa dicegah seperti:
Olahraga untuk menjaga kelenturan dan kekuatan otot.
Menghindari aktivitas berulang (repetitif).
Menjaga berat badan

25 thoughts on “Apa itu Syaraf Terjepit?

  1. Sudah 2 th Sarap saya kejepit di bagian tulang belakang bagian bawah/pinggang sudah kesana kemari berobat tapi Rasa sakit yg saya rasakan masih. Tolong Saya minta masukannya.

  2. mba cucu/ theraphy saja ke dr, Chiro dengan tehnik ultrasound di Dr. Aviandi Sukarto MSc.SpKp RS.Kramat 128, jl. Kramat Raya 128 tel. 3909513 dan 3905314 setiap hari Selasa, Kamis dan jumat siang< saya udah 10 x theraphy dan Alhamdullillah yg tadinya pinggang ke bawah ngilu dan semutan sudah hilang,.

    • biaya terapinya berapa ya mb ayoe utk diterapi oleh beliau ? saya sudah telp langsung ke Rs. Kramatnya tp mereka tidak tau karena yg menentukan biayanya adalah dokternya sendiri. Saya sangat jarang browsing jika berkenan mohon imel saya di mulki_akbar at yahoo.com. terimakasih

    • biaya terapinya berapa ya mb ayoe utk diterapi oleh beliau ? saya sudah telp langsung ke Rs. Kramatnya tp mereka tidak tau karena yg menentukan biayanya adalah dokternya sendiri. Saya sangat jarang browsing jika berkenan mohon imel saya di mulki_akbar at yahoo.com. terimakasih.

  3. Saya juga penderita saraf kejepit,, awalnya d suruh operasi tapi setelah survei,, operasi itu hanya 20% menyelamatkan sisanya lumpuh.. Akhirnya saya coba terapi setrum dengan Abah Udin di daerah Bogor,, desa Parakan kec. Ciomas alhamdulillah berangsur2 membaik tanpa perlu operasi

      • Terapi’y cuma d setrum,, mungkin klo blom coba ga akan percaya,, semacam tenaga dalam tapi tegangan’y bisa mencapai 10.000 watt. gda alat apapun sebagai sumber tenaga.. hanya di semprotkan air terus di pegang sama si Abah.. listrik’y mank bener2 terasa,, bayar pun se-ikhlasnya,, ga cuma buat saraf kejepit, penyakit lain seperti : stroke, jantung, asam urat, maag, menghilangkan nyeri haid, dll

  4. Ifa :
    Saya juga penderita saraf kejepit,, awalnya d suruh operasi tapi setelah survei,, operasi itu hanya 20% menyelamatkan sisanya lumpuh.. Akhirnya saya coba terapi setrum dengan Abah Udin di daerah Bogor,, desa Parakan kec. Ciomas alhamdulillah berangsur2 membaik tanpa perlu operasi

    coba produk kami pak

  5. garam dilaut asam digunung dr menuntut ilmu itulah yang didapat. tukang urut mengurut urut itulah yang didapat kalau sama sama iklas karna Allah insya Allah jadi barokah ,tukang urut berniat mongobati dan dr juga ingin mengobati jadi sama2 baik asalkan tulus dan ikalas karna rasa kemanusiaan bukan karna komersil yg penting terjangkou biayanya dan resikonya jauh dari bahaya yg lebih patal untuk teman2 yang mengalami sakit saraf kejepit ,gangguan otot ,sakit punggung dan pinggang saya recomendasikan seseoarang yang pernah menangani saya yang mau dibayar seiklasnya makanya tidak ada salahnya mencoba cara mudah dan murah ,mohonlah pada Allah agar sembuh amin .hp bpk tsb 0818419382 .wasskm

    • Maaf baru sempat baca, ini nomor telfon abah udin 081398024781. Praktek setiap hari, Untuk alamat lengkap bisa smz atau telfon k nomor tersebut. Mudah2an ibu’y cocok dan bisa cepat sembuh juga yaa.. Pengobatan’y ga sakit kq, si abah bisa menyesuaikan aliran listrik’y. Alhamdulillah sekarang saya sudah berangsur2angsur membaik tanpa harus melakukan operasi. Selamat mencoba!!!

  6. saya 15 tahun menderita saraf terjepit, rasa sakit, nyeri, kesemutan, ngilu saya rasakan dari mulai pantat s/d ujung jari sebelah kiri, jalan postur tubuh juga sudah tak karuan (membungkuk dan miring karena menahan rasa sakit)

    sudah mencoba berbagai macam alternative dari strum, akupuntur, pijat, tenaga dalam, terapi minyak tanah dll tidak terhitung jumlahnya, selama pengobatan alternative penyakit kadang sembuh tetapi kemudian kambuh kembali.

    akhirnya saya memutuskan untuk penyembuhan jalur medis, setelah melalui proses yang panjang termasuk konsultasi dengan dokter, ternyata tidak ada jalan lain kecuali operasi dikarenakan saya mengalami saraf terjepit di 3 buah ruas tulang belakang (L2-3, L3-4, L5-S1).

    akhirnya tanggal 8 agustus 2012 saya operasi lamectomy di sebuah RS di jakarta selatan, alhamdulillah sampai sekarang rasa sakit, nyeri, kesemutan, ngilu hilang 99%, 1% nya hanya terasa pegal, karena harus memakai korset selama 2 bulan.

    Note : secara medis saraf terjepit dikenal dengan nama HNP (Herniated, Nucleous Pulposus) yaitu keluarnya cairan dari dalam cincin anulus diantara ruas tulang belakang yang kemudian menekan jaringan saraf. untuk lebih lengkapnya rekan-rekan bisa googling dengan kata kunci HNP (Herniated, Nucleous Pulposus).

  7. ada beberapa penyebab saraf terjepit di antaranya Subluxation atau dislokasi tulang belakang, penyebabnya seperti gerakan statis, trauma benturan atau terjatuh dll, untuk saraf terjepit jenis ini sangat baik pengobatannya dengan pijat chiropractic , pijat ini akan membetulkan struktur tulang belakang sehingga melancarkan sistem saraf yang menyebabkan nyeri tulang belakang. pijat dengan cara chiropractic dengan biaya terjangkau bisa hubungi klinik totok syaraf yang berada di jakarta utara 081318731684

  8. Assalamualaikum..
    Bagaimana cara mengatasi sharaf terjepit jika sudah sangat parah.. Seperti sudah tdk bisa bisa berjalan lagi..
    Apkah masih bsa di sembuh kan?
    Saya mohon..blas secepat nya..krna saya sngat membutuhkan nya..
    Jika perlu hbngi 083899463830..
    Wasalamualaikum

  9. Hi! Quick question that’s totally off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My website looks weird when viewing from my iphone 4. I’m trying to find a theme or plugin that might be able to resolve this
    problem. If you have any recommendations, please share. Cheers!

  10. Hi! Quick question that’s totally off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My website looks weird when viewing from my iphone 4. I’m trying to find a theme
    or plugin that might be able to resolve this problem. If you have any recommendations,
    please share. Cheers!

  11. saya merasa di dekat otak kecil saya terasa sakiit dan gilu dan kadang-kadang saya susah untuk berpikir kalau kepala saya di gelengkan terasa lebih enak dan juga rasa nyeri di bagian bahu saya terasa agak berat dan nyeri apakah ini termasuk sarap kejepit mohonn informasinya dan bagai mana caranya untuk mengobatinya ????

  12. Assalamu’alaikum,
    Ada informasi dari kawan yg telah menderita HNP bertahun-tahun.
    Dia berobat di sini … http://www.kliniksaraf.com
    Yang saya tahu klinik saraf di web ini memang baru tapi sudah tahun praktek di bogor dengan nama Anatomy System Syaraf dan sampai saat ini masih praktek.
    Mungkin bisa membantu dan lebih ringan tanpa harus di operasi.
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s