Otak Ternyata Hanya Bisa Tampung 150 Teman di Facebook

Punya ratusan atau bahkan ribuan teman di Facebook? Ternyata, tidak semua teman kita tersebut bisa di-manage dengan baik oleh otak kita lho. Simak teori bertitel “Dunbar’s number” yang dilahirkan oleh salah satu profesor Antropologi Evolusionari dari Oxford University berikut ini.

Menurut Profesor Robin Dunbar, manusia memiliki keterbatasan dalam hal berhubungan dan me-manage teman-temannya. Bersumber dari teori yang sempat diterbitkan oleh sejumlah media di awal tahun 2010 ini, batas maksimal teman yang bisa di-handle ialah sebanyak 150 orang, berapapun sosialnya orang tersebut.

Hal inipun berlaku juga untuk situs jejaring sosial yang makin digandrungi apalagi kalau bukan Facebook. Walaupun Facebook dan situs jejaring sosial lainnya diperkaya dengan berbagai fitur, namun dalam kenyataan, kita hanya bisa memaintain hubungan dengan jumlah yang terbatas saja, seperti di dunia nyata.

Studi yang dilakukan Dunbar terkait dengan teorinya tersebut menyebutkan bahwa necortex (bagian dari otak yang bertanggung jawab atas kesadaran pikiran dan bahasa) kita, terlalu kecil untuk menampung dan mengatur lebih dari 150 hubungan aktif.

Hal ini tentu menjadi sesuatu yang menarik karena sebagian besar dari Facebooker memiliki teman lebih dari 150 bahkan hingga ribuan. Akan tetapi jika diteliti lebih jauh, masih menurut Dunbar, seseorang tidak akan mampu berhubungan aktif dengan semua temannya tersebut. Gender dalam aksi ini juga mempengaruhi, di mana wanita lebih cenderung lebih suka membangun hubungannya dengan teman di Facebook dibandingkan dengan pria yang harus didukung oleh kegiatan nyata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s