Blackberry Berdampak Buruk lhoo..

Membuat ketagihan

Perangkat telepon seluler pintar ini begitu mudah membuat pemiliknya merasa kecanduan. Studi Rutgers University pada 2006 menyimpulkan, Blackberry dan perangkat serupa memicu kenaikan penggunaan internet yang cukup signifikan, namun berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Mengganggu tidur

Dengan layanan internet 24 jam, perangkat Blackberry akan bergetar atau berdering setiap saat, ketika ada email dan pesan singkat masuk. Dan setiap saat pula, pengguna akan memainkan Blackberry-nya, termasuk ketika sudah berada di tempat tidur. Tak jarang pula, pengguna begitu sensitif dengan getar Blackberry, sehingga mudah terbangun dari tidur untuk membuka pesan yang masuk. Kebiasaan menyanding Blackberry di tempat tidur inilah yang akhirnya membuat tidur tak berkualitas. Dampak selanjutnya, tentu menyerang kesehatan. Bukan rahasia lagi bahwa rendahnya kualitas tidur berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental.Sebuah penelitian mengungkap, pengguna Blackberry yang memiliki kebiasaan memainkannya sebelum tidur rentan mengalami insomnia, sakit kepala, dan kesulitan berkonsentrasi. Penelitian yang dilakukan Uppsala University di Swedia menambahkan bahwa radiasi telepon seluler bisa mengganggu aktivitas tidur.

Memicu cemas

Memiliki telepon selular cerdas semacam Blackberry memang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan Blackberry, aktivitas berkirim email, chatting, hingga berselancar di internet bisa dilakukan bersamaan, kapan saja, dan di mana saja. Banyak pula yang mengandalkannya untuk urusan pekerjaan.Studi yang dilakukan MIT’s Sloan School of Management pada 2007 mengungkap, penggunaan Blackberry membentuk budaya stres di tempat kerja. Fasilitas internet 24 jam yang dijagokan telepon seluler pintar itu mengacaukan waktu luang pekerja. Tugas dan hal-hal yang menyangkut pekerjaan bisa hadir kapanpun, termasuk kala sedang libur.

Melemahkan otak

Di balik kemudahan yang diberikan, Blackberry berisiko melemahkan daya konsentrasi penggunanya. Karakternya yang mampu membuat pengguna melakukan sejumlah hal dalam waktu bersamaan (multitasking) cenderung membuat seseorang kesulitan menyerap informasi lantaran fokusnya mudah beralih dari satu hal ke hal lain. “Sebagai multitasker, otak mereka dibanjiri terlalu banyak informasi, akibatnya mereka tidak selektif lagi untuk memilah informasi yang penting dengan cepat,” kata Dr David W Goodman, Direktur Pusat Gangguan Psikologis di Maryland, Baltimore.

Syndrome Blackberry Addiction
Dilihat dari namanya ketagihanBlacberry atau Syndrome Blackberry Addiction berarti orang cenderung sangat tergantung dan ketagihan terhadap pemakaian BB apalagi menggunakan internet atau BBM. Media BB ini memiliki kualitas interaksi sebagai respon dari pengguna yang terus bergerak. Kadang-kadang hal itu sesuai keinginan kita, namun sering kali juga tidak. Gejala yang timbul dari ketagihan terhadap komputer maupun BB sama dengan gejala yang diberikan pada ketagihan-ketagihan lainnya, yaitu penarikan diri. Seperti pecandu lainnya, pecandu komputer maupun internet akan semakin menambah dosis interaksi mereka terhadap media tersebut. Pada akhirnya mereka jadi kurang bersosialisaasi, kurang toleransi pada orang lain, atau kurang peduli dengan lingkungannya.

Dampak kecanduan pada BBM maupun internet lebih pas disebut korban rayuan. Hal ini karena orang mendapat dorongan dari dirinya sendiri untuk mencoba melakukan refleksi dan penguatan konsep diri. Mereka akan berusaha mengaktualisasikan diri dengan mencari jati diri, berimajinasi, mengekspresikan pemikiran mereka, dan sebagainya.

Remaja yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengakses internet berpotensi satu setengah kali mengelami depresi ketimbang mereka yang hanya sesekali mengakses internet. Sebuah studi di Cina yang dilakukan peneliti Lawrence Lam menunjukkan beberapa tanda-tanda bagi remaja yang ketagihan bermain internet dengan intensitas lebih dari lima jam sehari. Salah satu imbas ketika remaja mulai ketagihan bermain di dunia maya, menurut Lam, dia kehilangan minat untuk berinteraksi sosial. “Dengan menghabiskan lebih dari 10 jam sehari untuk bermain internet, itu sudah menunjukkan gejala perilaku adiktif,” kata Lam. “Mereka tidak ingin bermain bersama teman-teman, tidak ingin bergabung dalam pertemuan keluarga, dan tidak ingin menghabiskan waktu bersama orang tua atau saudara.”

Penelitian yang dilakukan Lam melibatkan 1.041 remaja berusia 13 hingga 18 tahun di Kota Guangzhou, Cina. Dalam penelitian yang memakan waktu selama sembilan bulan itu menyebutkan remaja yang awalnya tidak pernah menggunakan internet, pada akhirnya menjadi sangat adiktif dengan internet hingga mengalami depresi karena kurang tidur dan stres akibat permainan online. “Orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di internet akan kehilangan waktu tidur dan itu adalah fakta yang sangat kuat bahwa kurang tidur memicu munculnya depresi,” kata Lam.

One thought on “Blackberry Berdampak Buruk lhoo..

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://joinkerjaonline.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s