Planet yang menyerupai bumi dan bisa dihuni

Planet berukuran mirip Bumi ditemukan mengorbit di disekitar bintang dekat Bumi. Menurut para ahli, mungkin saja memiliki air dan mampu menopang kehidupan. Planet tersebut adalah satu dari dua planet yang berhasil ditemukan oleh tim astronot dari University of California, Santa Cruz dan Cargnegie Institution of Washington.

Tim tersebut mengelilingi Gliese 581, bintang katai berjarak 20 tahun cahaya dari Bumi yang merupakan bagian dari rasi Libra. Steven Vogt, profesor astronomi dan fisika perbintangan UC Santa Cruz menyatakan planet tersebut ‘dapat dihuni’. Planet tersebut diperkirakan memiliki permukaan berbatu dan gravitasi yang cukup untuk menahan atmosfir. “Temuan kami menawarkan kemungkinan keberadaan planet baru untuk dihuni. Kami menemukan dua planet yang mengelilingi planet berpotensi huni tersebut, yang satu terlalu panas dan yang satunya terlampau dingin sedangkan planet ditengahnya memiliki kondisi yang tepat,” ucapnya. Temuan baru tersebut adalah planet keenam yang ditemukan mengorbit disekitar Gliese 581, lapor National Science Foundation, badan yang juga mengumumkan penemuan tersebut. Penemuan didasari pada observasi sepanjang 11 tahun dari W.M Keck Observatory di Hawaii.

Penemuan “dunia tirta” baru (planet serupa Bumi yang berlimpah air) yang mengorbiti satu bintang dalam jarak 40 tahun cahaya menjadi planet pertama yang diketahui mirip Bumi dan membuat manusia menjadi cukup dekat untuk bisa mengendus atmosfernya, kata para astronom seperti dikutip jurnal Nature.Dinamai GJ 1214b, ukuran planet ini hanya sekitar 2,7 kali ukuran Planet Bumi dengan massa kira-kira 6,5 kali lebih berat dari Bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s