STOP!!! Sikat Gigi Setelah Makan

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan segera setelah makan. Di antaranya tidur, mandi, dan olahraga berat, dan masih ada satu lagi, yaitu menyikat gigi.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, penyikatan gigi harus dilakukan pada saat yang tepat. Menyikat gigi sebaiknya tidak dilakukan segera begitu selesai makan, terutama setelah makan makanan dengan kadar gula tinggi atau makanan yang asam.

Pada saat kita makan mulut kita berada dalam serangan asam. Artinya tingkat keasaman dalam mulut menurun, ditandai dengan penurunan pH yang signifikan setidaknya selama 5 menit setelah makan. Hal ini disebabkan karena gula yang terkandung dalam makanan akan bereaksi dengan bakteri yang terdapat pada plak, hasilnya terbentuklah asam yang dapat melarutkan permukaan lapisan email dan mengalami erosi.

Bila setelah makan langsung sikat gigi, penyikatan akan memperparah erosi yang terjadi, baik oleh aksi mekanik saat menyikat gigi maupun oleh bahan abrasif yang terkandung dalam pasta gigi. Kalau hal ini dilakukan selama bertahun-tahun, lama kelamaan lapisan email akan semakin menipis dan gigi dapat menjadi lebih sensitif. Sebaiknya beri jarak antara 1/2 hingga 1 jam setelah makan, baru setelah itu sikat gigi. Selama waktu tersebut, saliva (air liur) diberi kesempatan untuk menetralisir asam yang terbentuk setelah makan.

Bila Anda risih dengan sisa makanan yang terjebak di sela gigi setelah makan, daerah tersebut dapat dibersihkan dengan benang khusus atau dental floss. Cara ini lebih aman ketimbang sikat gigi langsung setelah makan.

Begitu juga bagi penggemar minuman cola atau jus jeruk perhatikan himbauan ini. Asosiasi apoteker Jerman merekomendasikan untuk menunggu waktu 30 menit jika ingin sikat sehabis minum cola dan orange juice.

Kandungan asam yang tinggi di dua minuman tersebut bisa memicu kerusakan enamel gigi. Menunggu waktu setengah jam sangat ideal karena enamel gigi sudah cukup keras ketimbang baru saja mengonsumsi dua minuman itu seperti diberitakan oleh Chinadaily.

Aturan sikat gigi setelah 30 menit minum jus atau cola sebaiknya jangan diabaikan. Minuman jus kecuali jus buah persik sangat asam dibandingkan dengan minuman kopi, teh, bir atau anggur yang tingkat keasamannya lebih rendah.

Sebelumnya peneliti NYU College of Dentistry telah melansir penemuannya bahwa minuman olahraga yang banyak dijual juga mengandung asam sitrat bisa merusak gigi.

Penelitian ini dilakukan dengan merendam gigi selama 90 menit, sebagai simulasi bagi orang yang suka meminum minuman olahraga sepanjang hari. Ternyata lapisan enamel gigi sebagian sudah hilang.

Hal ini karena minuman olahraga tersebut bocor hingga ke lapisan bawah enamel, sehingga menyebabkan gigi menjadi lunak dan lemah. Kondisi ini disebut dengan erosi gigi yang bisa mengakibatkan kerusakan dan mudah lepasnya gigi jika tidak segera diobati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s