Kecepatan Jalan Bisa Jadi Prediksi Umur

Para peneliti mengatakan, bisa menentukan ekspektasi umur seseorang melalui kecepatan jalan mereka. Dikutip dari My Health News Daily, para peneliti mengatakan, bahwa mereka yang kecepatan jalannya sekitar 1 meter per detik (3,6 km per jam) atau lebih cepat dan konsisten memiliki kemungkinan hidup lebih lama ketimbang mereka yang kecepatan jalannya lamban.

Dr Stephanie Studenski, profesor di University of Pittsburgh mengungkapkan bahwa kapasitas seseorang untuk bergerak dengan cekatan dan kuat merefleksikan vitalitas serta kesehatannya. Namun, para periset menekankan bahwa tujuan studi ini bukan untuk membuat semua orang untuk berjalan lebih cepat supaya panjang umur.

“Tubuh Anda memilih kecepatan jalan yang terbaik untuk tubuh Anda,” jelas Studenski. Para peneliti ini mengatakan bahwa, tiba-tiba mempercepat langkah jalan tidak berarti Anda akan langsung panjang umur. Anda perlu mencari akar permasalahan kesehatan dalam tubuh untuk mengetahui mengapa sehari-harinya Anda berjalan dengan lamban.

Para peneliti ini yakin bahwa riset mereka bisa memprediksi rating kelangsungan hidup hingga 10 tahun ke depan dari sekelompok orang berdasarkan kecepatan mereka saat berjalan dalam trek 4 meter. Kecepatan mereka yang memiliki ekpektasi hidup rata-rata sekitar 0,8 meter per detik baik bagi pria dan wanita. Kecepatan berjalan, menurut para peneliti ini.

Keakuratan perhitungan ini lebih “masuk” terutama bagi mereka yang usianya lebih dari 75 tahun. Artinya, bagi mereka yang sudah memasuki usia lanjut, kecepatan jalan menjadi semacam tanda vital kesehatan seseorang, seperti tekanan darah dan detak jantung.

Hasil penelitian ini didasarkan pada analisa 9 studi sebelumnya yang meneliti kecepatan berjalan, gender, usia, indeks massa tubuh, sejarah medis, dan survival rate dari 34.500 orang.

Cara kita berjalan dan seberapa cepat kita berjalan tergantung pada energi, kontrol gerak, dan koordinasi tubuh, yang membutuhkan fungsi tepat sistem tubuh yang jamak, termasuk kardiovaskular, saraf, serta sistem otot.

hayoooo…soo sekarang apa yang akan anda pilih??

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s