Diet yang Sehat

Bila langsing dengan berat badan yang terus terjaga menjadi dambaan Anda, maka mulailah membatasi asupan kalori. Menurut Donald Hensrud, M.D dari Mayo Clinic, mengurangi asupan kalori lebih efektif untuk melawan kegemukan dibanding meningkatkan frekuensi olahraga.
Kunci melawan kegemukan pada dasarnya adalah jumlah kalori yang dibakar harus lebih besar dari yang dikonsumsi. Menurut Hensrud, 3500 kalori sama dengan 1 pound (0,45 kg) lemak. Jadi, bila Anda ingin turun 1 pound tiap minggu, itu artinya Anda harus mengurangi 500 kalori dari menu makanan setiap hari (500 kalori x 7 hari).

Meski begitu, bukan berarti olahraga tidak ada dalam kamus, karena diet mati-matian tanpa adanya aktivitas fisik tidak akan menghasilkan hasil yang optimal. “Dengan berolahraga, kelebihan lemak yang tidak bisa dikurangi dari diet bisa dibakar,” kata Hensrund.

Selain itu, olahraga rutin juga akan membuat berat badan lebih stabil dan tubuh lebih bugar. Olah tubuh yang kita lakukan juga akan menyehatkan jantung, melancarkan peredaran darah, serta memperbaiki mood. Studi terbaru juga menyebutkan banyak bergerak bisa menekan nafsu makan.

Penelitian menunjukkan, orang yang rutin berolahraga berat badannya lebih stabil. Sementara itu mereka yang mengandalkan diet saja memang bisa menurunkan badan secara drastis, tapi setelah dietnya berhenti, tubuh pun gemuk kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s