Sering Lupa??Bacalah ini!

Tips meningkatkan kemampuan daya ingat dan kemampuan otak serta konsentrasi pikiran ini masih diperlukan banyak orang guna meningkatkan kembali kemampuan kinerja otaknya yang telah sedikit memudar. Memiliki daya ingat yang tajam, kuat dan cemerlang adalah dambaan setiap orang, baik usia muda maupun para manula. Bagi yang belum lanjut usia, bersyukur jika Anda memiliki kemampuan daya ingat serta kemampuan otak yang lebih cemerlang daripada kebanyakan orang lainnya. Sebenarnya semua orang bisa menggali dan memaksimalkan kemampuan daya ingat dan kinerja otak agar sesuai harapan, namun tidak sedikit dari mereka yang tidak mengatahui cara meningkatkan daya ingat dan kemampuan kenerja otak ini. Bagi para manula atau orang yang sudah berumur diatas 50-an, perlu semangat tinggi untuk terus meningkatkan kemampuan daya ingatnya, agar bisa mengurangi resiko kepikunan yang lebih cepat.

Sebelum artikel tentang tips meningkatkan daya ingat ini, Zona Netter Indonesia pernah menulis artikel tentang 10 tips cara meningkatkan kemampuan daya ingat serta tips cara menggali potensi dan memaksimalkan bakat yang mungkin berguna untuk Anda. Artikel-artikel tersebut memiliki cakupan materi yang lebih luas. Sedangkan pada artikel ini lebih saya titik beratkan kepada para manula dimana kemampuan daya ingatnya relatif semakin berkurang seiring bertambahnya usia mereka.

Penelitian yang dilakukan beberapa lembaga-lembaga riset terkenal, menunjukkan bahwa para manula yang sangat aktif dan masih bersemangat berarti mereka tetap selalu menjaga kinerja otaknya dan tentunya lebih sehat dibanding manula lainnya. Kemampuan otak para manula ini memerlukan “olahraga” layaknya tubuh Anda yang perlu menjaga kesehatannya dengan berolahraga.

Di bawah ini beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat dan merangsang kemampuan kinerja otak serta konsentrasi, antara lain :

1. Belajarlah sesuatu yang baru atau cobalah hal-hal yang berbeda setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa rasa ingin tahu akan menjaga otak atau pikiran seseorang tetap kuat dan tajam.

2. Lakukan permainan-permainan yang cenderung memeras otak atau pikiran Anda, seperti scrabble, catur dan kartu.

3. Cobalah mengisi TTS (Teka Teki Silang) yang ada di surat kabar harian atau Anda bisa membeli buku TTS khusus yang sudah banyak dijual di pasaran.

4. Bacalah artikel-artikel buku atau majalah tentang masalah-masalah unik dan menarik bagi Anda.

5. Hadirilah ceramah-ceramah, drama, pameran dan lihatlah acara-acara televisi pendidikan.

6. Gunakanlah bantuan memori, seperti kalender perjanjian pertemuan dengan seseorang, daftar “yang harus dikerjakan” dan catatan untuk surat pos

7. Cobalah berkonsentrasi pada apa yang dikatakan orang lain, ulangi apa yang ingin Anda ingat lebih kuat, dan hubungkan suatu tindakan dengan objek-objek tertentu, seperti meletakkan kunci di laci, sehingga Anda ingat untuk mengambilnya ketika meninggalkan rumah serta contoh lainnya yang relevan.

Tips meningkatkan daya ingat dan konsentrasi ini, akan bisa bekerja dengan baik tergantung kemauan serta motivasi Anda untuk mengembalikan daya ingat serta kemampuan otak Anda. Jika Anda melakukannya dengan semangat tinggi, maka Zona Netter Indonesia percaya kemampuan daya ingat serta kinerja otak Anda akan kembali cemerlang bahkan melebihi kemampuan daya ingat Anda yang telah hilang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s